Bubur Khas Indonesia Yang Hanya Disajikan Saat Bulan Ramadhan

Bubur Khas Indonesia Yang Hanya Disajikan Saat Bulan Ramadhan
gofakta.Berbagai tradisi unik dilakukan umat Muslim di sejumlah daerah di Indonesia untuk menyambut bulan Ramadan. Selain melakukan tradisi unik, umat Muslim di Indonesia juga membuat makanan khas yang hanya disajikan saat bulan Ramadan tiba. Salah satunya bubur, yang seringkali disajikan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Berikut 7 jenis bubur yang hanya disajikan saat berbuka puasa di sejumlah daerah di Indonesia, diantaranya :

1. Bubur samin (Solo, Jawa Tengah)
Salah satu tradisi unik dilakukan oleh warga di Masjid Darussalam di Kampung Jayengan, Serengan, Solo, Jawa Tengah. Selama bulan Ramadan, panitia masjid membagikan bubur samin yang merupakan hasil perpaduan beragam rempah serta diberi pelengkap berupa potongan daging dan sayuran.

2. Kanji rumbi (Lhokseumawe, Aceh)
Selama Ramadan, Masjid Islamic Center Lhokseumawe, Aceh, menyajikan kanji rumbi untuk seluruh masyarakat secara cuma-cuma. Kanji rumbi terbuat dari beras, wortel, daun sop, daging atau udang, bumbu khusus yang diracik dari lada, lengkuas, dan bahan lainnya.

3. Bubur sop melayu (Medan, Sumatra Utara)
Menjelang buka puasa, penduduk Medan beramai-ramai ke masjid untuk mencicipi bubur sop melayu. Bubur sop melayu terbuat dari beras, daging sapi, kentang, wortel, daun sop, santan, garam, dan bumbu lainnya.

4. Bubur Sabilal (Banjarmasin, Kalimantan Selatan)
Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyajikan sekitar 1.000 porsi bubur sabilal setiap hari saat Ramadan. Bubur sabilal merupakan bubur daging dengan cita rasa masakan khas Banjar yang manis dan lezat.

5. Bubur Suruh (Tuban, Jawa Timur)
Pengurus Kompleks Makam Sunan Bonang di Sukolilo, Tuban, Jawa Timur memasak bubur suruh setiap menjelang maghrib selama bulan Ramadan. Bahan dasarnya adalah beras yang dimasak dengan air di atas wajan besar dengan dicampur santan dan sejumlah bumbu-bumbu khas Arab, seperti dikutip dari Surya.

6. Bubur Suro (Palembang, Sumatra Selatan)
Masjid Al Mahmudiyah di Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang, Sumatera Selatan, menyajikan bubur suro untuk berbuka puasa. Bubur ini terbuat dari beras, daging sapi, dan rempah-rempah yang dimasak selama empat jam.

7. Bubur India (Semarang, Jawa Tengah)
Bubur India telah ada ratusan tahun di Kampung Pekojan, Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, bubur India memakai rempah-rempah tradisional India, yaitu, jahe, bawang, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, serai, dan santan kelapa.

Comments

Popular posts from this blog

Beberapa Tips Make Up Agar Tahan Lama Sepanjang Hari

Aksi Slut Walk Diikuti Ribuan Wanita Topless Di Tel Aviv

Olahraga Terbaik Untuk Wanita Yang Mudah Dan Bisa Dilakukan Di Rumah